Susah Tidur atau Gangguan Tidur Pada Anak

Apa itu gangguan tidur?

Gangguan tidur pada anak dikaitkan dengan segala macam hal yang bisa mengganggu tidur anak. Gangguan tersebut bisa saja berupa mimpi buruk, susah tidur, tidur berjalan, atau mengigau pada saat tidur.

Gangguan tidur bisa menimbulkan efek negatif pada anak dan orang dewasa, hal ini disebabkan mereka bisa mengalami kurang tidur yang amat berpengaruh pada kondisi fisik mereka.

Apa yang menyebabkan gangguan tidur pada anak?

Tidur berjalan atau mengigau di malam hari bisa disebabkan karena si anak terlalu lelah atau stress. Tidur berjalan terjadi pada saat anak mengalami tidur ditahap paling dalam dengan demikian anak tidak bisa mengingat kejadian apa yang telah dia lakukan di malam harinya.

Susah tidur atau gangguan tidur pada anak
Susah tidur atau gangguan tidur pada anak

Bahaya gangguan tidur pada anak

Tidur berjalan bisa menyebabkan anak mengalami cidera, hal ini disebabkan karena gerakan anak yang kurang terkoordinasi. Hindarkan anak dari tangga untuk menghindari dia jatuh secara tiba-tiba. Jangan tempatkan kamar anak dilantai atas jika si anak mengalami gangguan tidur berjalan. Jika Anda memiliki kolam renang maka sebaiknya kolam diberi pagar atau ditutup pada malam harinya.

Susah tidur akan mengurangi jam tidur pada anak. Apalagi jika keesokan harinya mereka harus sekolah. Kurangnya tidur pada anak bisa membuat anak terlihat lesu, dan mengantuk pada saat mereka berada disekolah.

Mimpi buruk dan disertai dengan teriakan di malam hari bisa menyebabkan si anak terbangun di malam hari. biasanya anak akan susah tidur setelah mereka mimpi buruk, akibatnya jam tidur mereka pun akan terganggu.

Pemeriksaan anak pada ahlinya

Gangguan tidur pada anak yang berlangsung setiap hari bisa amat mengganggu kenyamanan tidur si anak. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli yang biasa menangani gangguan tidur pada anak, dan umumnya dokter akan menyarankan tes yang disebut dengan istilah ‘polysomnogram’.

Tes ini dilakukan di laboratorium khusus, sebelum tidur tubuh anak akan ditempeli alat pengukur guna mendeteksi detak jantung, kadar oksigen, pola nafas, gelombang otak, serta gerakan tubuh anak.

Semua data yang telah dikumpulkan nantinya akan dapat menentukan kira-kira apa yang menjadi penyebab gangguan tidur pada anak Anda.

Pengobatan gangguan tidur pada anak

Terapi gangguan tidur banyak ragamnya. Sebagai contoh gangguan tidur yang disebabkann pernafasan dapat diatasi dengan pengangkatan adrenoid dan tonsil. Cara ini amat jitu dengan efektifitas sekitar 80% kasus gangguan tidur yang disebabkan oleh pernafasan.

Perubahan perilaku juga menentukan penyembuhan ganguan tidur. Sebagai contoh pengurangan konsumsi minuman yang berkafein, pembatasan anak untuk bermain video game dan komputer menjelang jam tidur malam.

Pemberian minuman susu hangat atau pengharum ruangan dengan bau lavender bisa mempercepat anak yang mengalami gangguan sulit tidur. Hindari bercerita yang menyeramkan atau nonton film misteri yang menakutkan anak sebelum si anak tidur sebab hal akan membuat anak susah tidur bahkan mengigau di malam hari.

Semoga artikel mengenai gangguan tidur pada anak ini bermanfaat buat kita semua.

Baca juga artikel mengenai radang usus buntu pada anak.

Yang dicari disini:

  • gangguan tidur pada anak (31)
  • anak susah tidur (29)
  • cara mengatasi anak susah tidur (28)
  • mengatasi anak susah tidur (25)
  • cara mengatasi bayi susah tidur (21)
  • bayi susah tidur (14)
  • foto bayi (13)
  • susah tidur pada bayi (11)
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *