Mengenal, Mengatasi, dan Mengobati Penyakit Sinusitis atau Polip | Rahasia Wanita Indonesia


Mengenal, Mengatasi, dan Mengobati Penyakit Sinusitis atau Polip

December 18th, 2012 3 Comments

Penyakit Sinusitis atau polip merupakan infeksi yang terjadi di bagian sinus. Lalu sinus itu sendiri apa? Sinus adalah lubang-lubang yang berada ditulang wajah dan terhubung dengan rongga hidung.

Pada dasarnya tubuh manusia itu mempunyai 4 macam sinus, yaitu:

  • Sinus maxillary, yang berukuran besar dan terletak di belakang pipi di antara gigi atas dan mata.
  • Sinus sphenoid, yang berada di dalam kepala bagian belakang hidung.
  • Sinus ethmoid, terletak di antara mata.
  • Sinus frontal, terletak di dahi.
Penyakit sinusitis pada anak di www.rahasia-wanita.com

Penyakit sinusitis pada anak

Mengenali gejala dan macam-macam sinusitis atau polip

Peradangan atau infeksi yang menyerang sinus dapat kita dikelompokkan menjadi 3 macam, yaitu:

  1. Sinusitis akut,
    Peradangan ini merupakan tipe yang paling umum terjadi pada anak. Gejala yang ditimbulkan hampir sama dengan gejala yang terjadi pada flu yaitu batuk, hidung tersumbat, dan keluarnya lendir, tapi tidak disertai dengan demam dan keluarnya ingus berwarna hijau. Gejala flu ini akan dialami anak hingga sepuluh hari  dan kondisinya mulai memburuk di hari ketujuh.
  2. Sinusitis kronis,
    Gejalanya serupa dengan sinusitis akut tetapi sudah berlangsung hampir tiga bulan dan diperparah dengan munculnya sakit kepala. Selain itu pada sinusistis kronis sudah terjadi penebalan lapisan sinus dan timbul jaringan yang bersifat menghalangi yang dikenal dengan nama polip.
  3. Sinusistis akut kambuhan, sinusitis ini mirip dengan sinusitis akut tetapi sering kambuh. Biasanya dalam waktu satu tahun anak dapat terjangkit lebih dari empat kali. Setiap kali sinusitis ini kambuh, biasanya berlangsung sepuluh hari. Akan tetapi keadaan anak sehat walafiat di antara peridoe kambuhan.

Apakah ada hubungan antara sinusitis dengan alergi?

Sinusitis erat kaitannya dengan alergi. Alergen atau zat yang menyebabkan alergi contohnya serbuk sari bunga, jamur, debu, atau obat-obatan tertentu yang masuk ke dalam hidung. Hidung pun merespon alergen ini dengan melakukan pembengkakan di bagian dalam sehingga terjadi penyumbatan seperti sinusitis.

Diagnosis dan pengobatan penyakit sinusitis

Diagnosis sinusitis tidaklah gampang, karena gejalanya sama dengan flu. Anak yang menderita flu lebih dari sepuluh hari dapat dicurigai terkena sinusitis. Apakah benar si anak menderita sinusitis akan lebih pasti diketahui apabila gejala tersebut disertai dengan rasa sakit di bagian wajah maupun adanya komplikasi infeksi yang menyebar hingga ke mata.

Sinusitis akut diterapi dengan menggunakan antibiotik, periode pengobatan ini akan berlangsung selama 2 hingga 3 minggu. Sinusitis kronis diatasi dengan semprotan steroid untuk menurunkan tingkat peradangan dan pembengkakan. Pengobatan sinusitis kronis juga diikuti dengan pemberian antibiotik yang dapat membunuh bakteri penyebab terjadinya polip.

Selain itu apabila penyakit sinusitis yang terjadi berhubungan dengan alergi maka dokter akan menyarankan terapi alergi juga. Dokter terlebih dahulu akan mencari pemicu alergi dan selanjutnya melakukan pengobatan. Antihistamin, semprotan steroid atau terapi imun dapat dipakai untuk pengobatan alergi atau terapi bioresonansi.

Yang dicari disini:

  • penyakit sinus (346)
  • penyakit sinusitis dan pengobatannya (215)
  • sakit sinus (39)
  • sinusitis indonesia (39)
  • polip dan sinusitis (27)
  • sinusitis dan polip (26)
  • apa itu polip (26)
  • penyakit polip (26)
  • penyakit sinositis (25)
  • apa itu sinusitis dan gejalanya (25)
 

Selain artikel "Mengenal, Mengatasi, dan Mengobati Penyakit Sinusitis atau Polip" di atas, mungkin info bisnis online berikut ini lebih bermanfaat lagi buat Anda, ayo KLIK Bannernya:


   

Bagikan Artikel ini melalui:

Daftarkan email Anda untuk berlangganan artikel GRATIS

Dapatkan rahasia wanita terkini melalui email Anda, Ketik alamat email Anda di sini:

Jangan lupa untuk klik link konfirmasi di email Anda

   

3 Komentar untuk “Mengenal, Mengatasi, dan Mengobati Penyakit Sinusitis atau Polip”

  1. kataucheng says:

    Terimaa kasih informasinya sangat penting sekali :D … kalau boleh tanya, apakah ada obat alami untuk penyakit ini? atau pencegahannya mungkin?

    Salam sukses selalu :D

  2. ramadhan says:

    Bahaya juga iya sinutitis penyakiitnya :/ tapi penyakitnya gampang di atasi dengan cara di uap oleh hidung jadi kotoran lendirnya keluar semua :) sekian ribuan manusia yang paling sering sinutitis penyakitnya :/ ada yang parah dan ada yang ringan penyakit sinutitisnya :) semoga bermanfaat bagi kita semua :) amin …

  3. Fajar says:

    bagi yang terkena sinusitis, ada herbal yg dpt mengatasi penyakit sinusitis atau polip, silahkan konsumsi herbal nigella propolis, sinusitis an nahl, obat sinusitis, propolis smart hamazaro atau herbal lainnya. pesan sekarang di http://www.berkahherbal.com/?id=aherbal24
    cari di kotak pencarian dan jgn lupa bookmark link http://www.berkahherbal.com/?id=aherbal24

Silahkan berkomentar:

 

Statistik


Page Rank