Mengenal Gejala Radang Usus Buntu pada Anak

Radang usus buntu merupakan suatu kondisi terjadinya inflamasi pada usus buntu yang ada di usus besar. Usus buntu dapat dikatakan sebagai kelebihan pertumbuhan usus pada pertemuan usus kecil dan usus besar. Letaknya ada di bagian perut kanan bawah.

Apa yang bisa menyebabkan terjadinya radang usus buntu?

Usus buntu memiliki lubang di salah satu ujungnya yang menuju ke usus besar, sedangkan ujung yang lainnya tertutup atau buntu. Makanya usus ini kemudian disebut sebagai usus buntu. Lubang keluar yang ada di usus buntu ini dikelilingi oleh kelenjar getah bening yang bisa membengkak, apabila anak kita mengalami infeksi oleh virus yang terjadi di bagian tubuh manapun.

Lubang usus buntu amat kecil dan mudah sekali untuk tersumbat. Di bagian tengah usus buntu ini terdapat bakteri yang terus berkembang biak. Bakteri-bakteri ini kemudian keluar menuju usus besar melewati lubang tersebut. Apabila lubang ini tersumbat, maka dinding usus buntu bisa mengalami tekanan dan penggelembungan akibat bakteri yang jumlahnya terus bertambah karena terus berkembang biak. Apabila keadaan tersebut tidak mendapatkan perawatan maka usus buntu bisa pecah dan bisa mengakibatkan terinfeksinya seluruh isi perut anak.

Gejala usus buntu pada anak

Waspadailah anak Anda yang mengalami sakit perut berkelanjutan, terutama apabila anak mengeluh adanya rasa sakit di bagian perut kanan bagian bawah. Biasanya tes singkat bisa dilakukan untuk memastikan apakah anak mengalami radang usus buntu.

Tes usus buntu pada anak
Tes usus buntu pada anak

Tes tersebut dilakukan dengan membaringkan anak di tempat tidur, lalu tekuk kaki kanannya ke atas, seperti orang yang melakukan jalan ditempat, jika anak merasa sakit maka kemungkinan besar anak menderita usus buntu dan segera bawa ke rumah sakit.

Dokter akan segera melakukan beberapa tes kombinasi untuk memastikan bahwa buah hati Anda positif mengalami radang usus buntu. Pemeriksaan dengan CT scan, tes darah, tes urine diperlukan untuk mengumpulkan data yang akan dipakai untuk meyakinkan kesimpulan dokter.

Pengobatan untuk usus buntu anak

Satu-satunya pengobatan usus buntu adalah dengan membuang usus buntu si anak melalui operasi. Apabila anak sudah terlambat dibawa ke rumah sakit dan usus buntu pecah maka dokter akan memberikan terapi antibiotik untuk mengeringkan luka, dan kemudian melakukan operasi untuk membuang usus buntu tersebut dikemudian hari.

Operasi akan dilakukan oleh dokter anak ahli bedah dan dilakukan di rumah sakit. Komplikasi yang biasa timbul setelah operasi adalah timbulnya abses yakni kantung nanah yang timbul di bagian dalam perut, namun Anda jangan khawatir sebab abses biasanya sembuh sebelum anak pulang dari rumah sakit.

Yang dicari disini:

  • usus buntu (200)
  • gejala usus buntu pada anak (90)
  • penyebab usus buntu (84)
  • usus buntu pada anak (63)
  • penyebab usus buntu pada anak (44)
  • penyebab radang usus (29)
  • radang usus buntu (27)
  • gejala radang usus (25)
  • radang usus (23)
  • usus buntu anak (13)
8 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *