Membantu Anak Menghadapi Ujian Nasional

Menghadapi Ujian Nasional, sebagai orang tua sebaiknya juga ikut mempersiapkan diri. Anda bisa membantu anak agar mereka lebih mudah dan tenang dalam mengatasi tekanan pada saat menghadapi ujian nasional.

Menghadapi Ujian Nasional
Menghadapi Ujian Nasional

 

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam membantu anak menghadapi Ujian Nasional:

  1. Mengobrol
    Kedengaran mungkin sepele, tapi dengan mengobrol lebih akrab dengan saat dia akan menghadapi ujian nasional akan terjalin komunikasi yang lebih baik dan teratur antara Anda dan anak. Apabila antara Anda dan anak sudah berkomunikasi secara teratur, mereka lebih mungkin untuk curhat kepada Anda sehingga masih ada waktu untuk mengatasi kekhawatiran mereka menjelang menghadapi ujian nasional.
  2. Jangan janjikan hadiah
    Memotivasi anak dengan janji membelikan gadget baru atau uang jika mereka berhasil melalui ujian mungkin menurut Anda adalah tips yang bagus. Apa yang terjadi ketika anak Anda telah belajar mati-matian, tapi tetap tidak mendapatkan nilai yang mereka inginkan dan hadiah yang Anda janjikan? Menandai akhir dari masa ujian dengan makan-makan di luar atau jalan-jalan ke mall justru lebih baik dibanding memberi hadiah.
  3. Jangan membandingkan
    Membandingkan anak Anda dengan anak-anak lain, entah teman atau saudara kandungnya malah bisa merusak motivasi Anak. Hal tersebut akan membuat mereka merasa tidak mampu sebelum mereka memulai berusaha dan akan timbul kecemasan yang akan menghambat kemampuan mereka untuk belajar.
  4. Bantu mereka beristirahat
    Suasana menjelang menghadapi Ujian Nasional biasanya akan diikuti oleh tingkat stress yang meningkat. Tidur yang berkualitas adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan tingkat stress. Pastikan anak Anda mematikan ponselnya 1 jam sebelum tidur, karena ada bukti bahwa handphone dapat mengganggu kualitas tidur. Begitu juga dengan TV dan komputer, otak butuh waktu untuk bersantai sebelum tertidur. Usahakan agar anak mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas.
  5. Bantu atur jadwal
    Cari tahu kapan ujian anak mulai dan kursus apa yang diperlukan. Dengan cara itu Anda dapat membantu mereka untuk menjadwal kegiatan mereka. Pada kalender, tandai tanggal dengan aktivitas mereka seperti tanggal-tanggal ujian. Ini akan membantu anak Anda merasa ada sebuah akhir dan mereka akan mencapai sesuatu. Ditambah pastikan kamar tidurnya berada dalam keadaan rapi. Merasa terorganisasi tentang hal-hal kecil membantu mengurangi stres.
  6. Bangun kepercayaan diri
    Yakinkan anak Anda bahwa ia mampu lulus dan Anda bangga dengan usaha mereka tidak dengan menyontek atau berbuat curang membeli kunci jawaban.
  7. Mendorong pembelajaran lateral
    Berpegang pada buku pelajaran tidaklah cukup, bantu anak dengan hal nyata. Misalnya, jika mereka sedang mempelajari Shakespeare, belikan ia film dari drama itu. Atau jika mereka sedang mempelajari peristiwa bersejarah, ajak mereka ke sebuah museum yang sesuai dengan pelajarannya.
  8. Ingatkan makan
    Cegah anak Anda mengkonsumsi terlalu banyak makan makanan ringan bergula dan minuman karena dapat menghambat konsentrasi. Pastikan anak Anda makan makanan ringan biasa dan dorong mereka untuk ikut makan siang atau makan malam bersama keluarga. Ini sangat penting untuk perubahan suasana dan jangan lupa sarapan yang sehat pada pagi hari sebelum ujian nasional.
  9. Tetap tenang
    Cara terbaik untuk mendukung anak Anda selama ujian adalah untuk membuat kehidupan rumah setenang mungkin. Pastikan anggota rumah tangga yang lain sadar bahwa anak Anda berada di bawah tekanan. Cobalah untuk tidak membuat terlalu banyak tuntutan pada anak Anda selama ujian nasional.
  10. Waspadai stress
    Carilah tanda-tanda stres karena menghadapi ujian nasional, termasuk lekas marah, tidak tidur dengan baik, kurang nafsu makan, pandangan negatif, sakit kepala dan nyeri perut. Tanyakan kepada anak Anda bagaimana perasaan mereka.
3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *