Cegukan pada Bayi Saat Disusui

Bila kebetulan bayi Anda mengalami cegukan pada saat menyusui atau minum, coba lakukan hal-hal berikut ini:

  1. Bila bayi Anda cegukan saat menyusu, coba ubah posisi Anda menyusui dan terus susui sampai cegukannya hilang.
  2. Perhatikan, apakah saat menyusu bayi Anda dalam keadaan tenang atau justru terlihat begitu semangat yang membuat udara masuk ke diafragmanya.
  3. Cek juga posisi menyusui Anda. Posisi menyusui yang benar adalah puting dan areola masuk ke mulut bayi, bayi berada dalam garis lurus dengan lengan bayi, serta perut bayi berhadapan dengan perut ibunya.

    Cegukan Anak Bayi
    Cegukan Anak Bayi
  4. Bila cegukan terus terjadi, hentikan dulu kegiatan menyusu bayi Anda. Sandarkan bayi tegak menghadap Anda dengan kepala di bahu Anda, lalu tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut, seperti ketika Anda menyendawakannya. Tindakan ini  bisa mendorong udara ke atas dan menghentikan cegukan bayi Anda. Setelah cegukan berhenti, susui dia kembali.
  5. Bila bayi Anda minum dari botol, perhatikan apakah botolnya memiliki regulator dan lubang pada dot bayi. Pilihlah botol dengan lubang dot yang lebih kecil agar bayi bisa mengatur ritme menyedot susu sehingga tidak cegukan.
  6. Bila bayi Anda sudah mendapat makanan pendamping ASI, berikan makanan dalam jumlah sedikit demi sedikit dan perlahan-lahan.

Semoga tips mengatasi cegukan pada bayi saat disusui ini bermanfaat untuk Anda. Agar memberi manfaat lebih, tolong bantu kami membagikan artikel ini melalui sosial media pilihan Anda di bawah ini. Terima kasih.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *