Cara Mengatasi dan Menghilangkan Cegukan pada Anak Bayi

Cegukan pada anak bayi merupakan hal biasa yang terjadi. Akan tetapi suara yang ditimbulkan akibat cegukan oleh bayi pada umumnya membuat orang tua pun merasa khawatir, apalagi suara tersebut terdengar secara berulang-ulang.

Cegukan merupakan kedutan yang berulang tanpa bisa dikontrol yang berasal dari bagian diafragma. Kontraksi yang terjadi ini membuat pita suara tertutup hingga memblok udara yang akan masuk ke paru-paru.

Cegukan Anak Bayi
Cegukan Anak Bayi

Cegukan tersebut dapat hilang dengan sendirinya dan umumnya bayi yang mengalami cegukan biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa menit.

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya cegukan pada anak bayi:

  • Otot-otot diafragma mengencang secara mendadak serta tidak terduga. Kontraksi otot diafragma yang tiba-tiba ini membuat udara tertarik dari mulut, sehingga suara cegukan pun terdengar.
  • Stress, bayi yang mengalami cegukan bisa jadi pertanda bahwa buah hati Anda sedang mengalami stress.
  • Cegukan biasanya terjadi saat orang melakukan dua hal secara bersamaan yaitu tertawa selagi makan atau minum.

Cara mengatasi dan menghilangkan cegukan anak bayi.

Belum ada bukti yang menunjukkan bahwa cegukan menandakan bayi mengalami sakit tertentu. Tidak ada perawatan khusus yang disediakan untuk mengobati bayi yang sedang cegukan. Anda cukup mengistirahatkan bayi Anda dan biarkanlah cegukan itu terhenti dengan sendirinya.

Namun jika hal tersebut tetap mengkhawatirkan Anda, maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menolong anak bayi dari cegukan, antara lain yaitu:

  • Cobalah memberikan cairan terhadap bayi. Cairan ini bisa berupa susu, atau air putih hangat. Pada umumnya setelah diberi beberapa kali dengan cairan, cegukan anak bayi akan sembuh dengan sendirinya.
  • Jangan memberi makan bayi dalam jumlah yang terlalu besar. Cukup berikan makan dalam porsi yang kecil akan tetapi sering.
  • Biasanya melakukan tepukkan lembut pada punggung bayi juga sangat manjur. Caranya adalah dengan meletakkan bayi tegak dibagian bahu Anda kemudian tepuk-tepuk punggungnya dengan halus.
  • Usahakan lubang dot yang diberikan kepada bayi ukurannya tidak terlalu besar. Lubang dot yang terlalu besar bisa menyebabkan terlalu banyak menelan udara akibatnya hal ini bisa meregangkan lambung kemudian memicu terjadinya cegukan.

Biasanya cegukan akan berhenti dengan sendirinya, diperkirakan antara 5-10 menit cegukan pada bayi akan sembuh sendiri. Jika cegukan bayi terus berlanjut hingga beberapa hari maka kini saatnya Anda membawa si buah hati untuk konsultasi ke dokter.

Jika bayi Anda mengalami cegukan saat menyusui, silahkan baca artikel:

Cegukan pada Bayi Saat Disusui

 

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *